Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

Minggu, 15 Juni 2008

FSS 2008 Tampilkan Tari Badai Plastik dan Lepas

Note : di copas dari kompas
http://entertainment.kompas.com/read/xml/2008/06/06/2202043/fss.2008.tampilkan.tari.badai.plastik.dan.lepas.


SURABAYA, KOMPAS - Memasuki hari keenam, Festival Seni Surabaya Tahun 2008 yang mengusung tema 100 Tahun "Kebangkitan Nasional- Tribut to Surabaya", menyuguhkan tarian berjudul Badai Plastik karya Hendro Martono dan tarian berjudul Lepas karya bersama Amelia Tandjung dengan Rudy Soenarto, hari Jumat (6/6) malam, di Gedung Utama, Balai Pemuda, Surabaya.

Tari Badai Plastik garapan koreografer Hendro Martono asal Mojokerto (Jatim) yang kini mengajar di Program Pascasarjana Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta, itu berbicara tentang plastik sebagai ikon modernisasi yang menggulung seni budaya tradisional warisan anak bangsa.

Hendro martono melihat bahwa pada satu sisi produk plastik bernilai ekonomis, namun pada sisi lain kehadiran lastik tekah berdampak jadi sampah yang mengotori bumi, menjadi biang banjir dan kerusakan alam. Realitas itulah yang dihadirkan Hendro Martono dalam bentuk virtualisasi gerak yang serasa imajinatif diekspresikan oleh para penari pendukung Badai Plastik di atas panggung.

Sementara tari Lepas karya Amelia Tandjung dan Rudy Soenarto lebih merupakan tafsiran bahwa hidup adalah perjuangan, cobaan sekaligus tantangan. Tarian balet kontemporer yang dibawakan para penari cenderung eksploratif dalam gerak tubuh. Namun Lepas juga memunculkan gerak tari kontemporer yang diperkaya dengan tarian salsa yang penuh gairah.


Tidak ada komentar: